Selasa, 16 Mei 2017

Habiskan Dana Rp 20.M, Proyek Turap di Sintang Ambruk

Sintang- Proyek pembangunan tahab awal barau dermaga Sungai Durian yang terletak di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Sintang,Kabupaten Sintang Kalbar tersebut dinilai gagal,lantaran proyek yang digelontorkan dari tiga kali anggaran sejak tahun 2010 tersebut roboh tak berfungsi,kendati demikian Pemerintah Kabupaten Sintang,melalui Dinas Perhubungan berencana membangun kembali dan merobohkan bangunan lama yang sudah ada dengan suntikan dana APBN sebesar Rp.18,3 M pada tahun 2017 ini.

Wakil Bupati Sintang,Askiman menyatakan pihaknya akan membangun kembali barau dermaga tersebut dengan merobohkan bangunan lama karena kondisinya tidak layak untuk dilakukan proyek lanjutan disamping roboh juga terjadi pergeseran.

“Kita sudah lakukan sondir cek kedalaman tanah sekitar 16-22m ,maka jika perencanaan yang lama gagal karena tiyang pancang tidak sesuai maka kedepan pembangunan barau yang baru ini tiyang pancang kita sesuaikan dengan didukung beton ukuran 600-700 saya kira tidak mudah rusak dan tidak akan mengalami pergeseran,”ungkapnya pada Rabu,(17/5) dilokasi pembangunan dermaga saat meninjau barau tersebut.

Dengan dukungan anggaran sebesar Rp.18,3 M ini diharapkan pengerjaan proyek barau tersebut berjalan dengan baik dan rampung tahun ini.

Terkait barau lama dia menyebutkan tiga kali dianggarkan dari tahun 2010 Pembangunan dermaga tersebut dilaksanakan oleh PT Kreasindo Putra Bangsa yang pagu anggarannya diperoleh dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dana Penguatan Desentralisasi Fiskal dan Percepatan Pembangunan Daerah (DPDF dan PPD) 2010. sebesar Rp 3,2 miliar dan untuk pembangunan tahap kedua dengan pagu 500 juta, sebesar Rp.5,6 M. Ditambah 11 M.

Sementara Muhammad Zulai pihak pelaksana pembangunan proyek yang baru mengatakan barau yang lama akan dirobohkan kemudian dibangun dan didesaind barau baru lagi,hanya saja untuk saat ini pihaknya belum bisa melakukan pengerjaan disamping menunggu tiyang pancang juga karena kondisi alam yang belum mendukung.

“Kita bangun barau baru lagi,yang lama kita robohkan,tapi masih nunggu tiyang pancang datang dan kondisi alam memungkinkan,”ungkapnya.

Dia pastikan anggaran tersebut akan rampung akhir tahun ini hingga finishing.

(Sus)

REKOMENDASI :

0 komentar:

Posting Komentar